Selasa, 23 Juli 2019

TIPS & TRIK AGAR VIDEO MASUK KEDALAM REKOMENDASI YOUTUBE


Intro:
Ketika baru membuka YouTube sering kita menemukan video yang direkomendasikan.
Apakah maksudnya ?

Itu adalah video yang menurut algoritma youtube disarankan untuk kita tonton.

Why? Mengapa bisa begitu ? Ya! Karena video tsb sudah lolos dari saringan standar kelayakan engine youtube dan merupakan video berkualitas.

Artinya algoritma youtube (engine) sudah menyatakan bahwa video tsb telah memenuhi beberapa syarat layak tayang dan layak tonton karena:
  1. Nama file, judul, dan deskripsi video sudah sinkron. Tips: Samakan nama file video, judul video pada channel dan judul deskripsi. Cara paling mudah gunakan tehnik copy paste untuk ketiga layer ini.
  2. Uraian pada kolom deskripsi sesuaikan dengan materi yang kalian bahas pada tayangan videonya. Tips: Buatlah narasi dengan jelas dan jangan terlalu singkat. Umumnya youtube akan memeriksa deskripsi yg panjang agar layak ditampilkan pada deskripsi google search.
  3. Durasi video diatas 3 menit. Pada dasarnya algoritma youtube lebih 'menyukai' video berdurasi lebih panjang. Youtube cenderung memberi rekomendasi pada video berdurasi 7 menit atau lebih...
  4. Penulisan tag sesuai standar SEO. Tips: Pelajari tehnik keywording yg benar.
  5. Jumlah video dan playlist. Tips: Usahakan channel kalian sudah memiliki lebih dari 5 video konten. Karena apabila 4 video kalian ditonton orang secara berkesinambungan, maka video ke 5 6 7 dstnya cenderung akan masuk kedalam rekomendasi youtube. Trik: Manfaatkan menu playlist untuk mengelompokkan video2 yg sejenis agar tontonan dapat berkesinambungan (auto play).
  6. Kata Kunci pada mode desktop. Trik: Masukkan kata kunci "nama channel kalian" pada kolom kata kunci di mode desktop. Ini sangat berguna pada mesin pencarian google.
  7. Clickbait dan Thumbnail. Tips: Pilihlah judul yang bergairah (menggugah rasa ingin tahu dan penasaran penonton) dan design thumbnail semenarik mungkin. Usahakan thumbnail memiliki design yg tetap (berciri khas). Lihat thumbnail pada video2 Den JC -red
  8. Resolusi Gambar dan Kualitas Tayangan. Tips: Jangan membuat video dengan kualitas resolusi asal-asalan (low). Tingkatkan kemampuan pengolahan gambar (editing) termasuk dalam hal colorgrading. Trik: Selipkan 'drama' pada videomu agar penyajiannya tidak monoton. Drama bukan berarti harus bersifat framented tapi bisa juga menyisipkan soundfx atau stiker lucu...
  9. Manfaatkan fasilitas card dan endscreen pada setiap video. Akan kita bahas tersendiri cara membuat dan manfaatnya..
  10. Like, Comment and Subscribe. Tips: Bujuklah penonton kalian untuk memberi komentar pada setiap video. Sekali lagi "berkomentar". Bukan sekedar 'like'.

Jangan heran jika ada youtuber yg kerjanya suka memancing komen pemirsa, bahkan mereka suka kalau dibully. Algoritma youtube hanya mendeteksi jumlah komen pada timeline, bukan pada narasinya bersifat positif atau negatif.

Semakin banyak komentar pada video kalian maka youtube umumnya akan memberi rekomendasi kepada pemirsa agar menonton video kalian yang lain.

Demikian 10 tips n trik agar video mendapat rekomendasi youtube.

Jika ke-10 cara diatas sudah kalian praktekkan tapi belum maksimal menghasilkan rekomendasi dari youtube, maka manfaatkan analitik list yg diberikan youtube kepada kalian, atau.....
...hubungi bengkel youtube terdekat.

So..

Mari berkarya walau dengan peralatan seadanya. Jadikan karyamu sebagai ibadah. Kalau tidak menghasilkan uang, paling tidak mampu menghibur orang lain..

Semoga bermanfaat!

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAHAMI SEO YOUTUBE SECARA SEDERHANA

Seberapa penting kita mengetahui SEO ? Bagaimana trik yang paling sederhana dan gak ribet memahaminya ? Sesi 1 INI DIA ULASAN NYAB...