Senin, 29 Juli 2019

YOUTUBER PEMULA HARUS KUASAI SHIEF

Halo sobat...

Serius nih kalian mau menggeluti dunia youtuber?
"Serius, wak!"
"Apakah kalian sudah siap, paling tidak memiliki peralatan kamera, peralatan editing dan peralatan pendukung lainnya seperti monopod, tripod, atau clip on mic?"
"Siap wak! Saya masih pakai hp..yang lain akan saya lengkapi!!!"
Wah, mantap!!
Baiklah, dalam kali ini...

Saya tidak membahas apa konten yang akan kalian geluti tapi ingin menyuntikkan semangat beryutub bagi kalian yg serius ingin menggelutinya.

Peralatan yg mumpuni tidak cukup kalau kalian tidak punya arah dan kesiapan mental.
Agar mental kalian tangguh menghadapi cobaan, maka kalian butuh SHIEF!

SHIEF adalah psychology code yang harus kalian suntikkan kedalam pikiran (mind) apabila ingin menjalankan suatu usaha.

Kalau sudah siap dan serius ingin berkarya, atau (setidaknya) menggeluti dunia youtuber maka kalian harus menganggap bahwa youtuber adalah standing bussines bagi kalian; mirip seperti sebuah perusahaan mandiri dimana kalian adalah pemilik, direktur dan pelaksananya sekaligus...
Perusahaan itu bergerak dibidang digital communication services.. giling gak tuh!
Karena kalian harus jadi owner sekaligus CEO di dalam bisnis ini, maka kalian harus mengikuti metode SHIEF.

SHIEF adalah singkatan dari....

SINCERE
Bahwa kalian harus benar sungguh2, tulus dan serius untuk memulai dan menjalaninya. Bebaskan diri kalian dari pengaruh buruk orang lain.
HELPULNES
Kalian harus bisa membantu orang lain mendapatkan informasi dan manfaat dari apa yg kalian produksi. Dalam hal ini video yg kalian hasilkan harus memiliki bobot disukai, menghibur dan ditunggu kehadirannya.
INTERACTIVE
Bahwa channel yang kalian bangun bisa menyentuh perasaan pemirsa. Disatu sisi video yg kalian tayangkan mampu mengundang penonton memberi komentar, kritik dan saran. Dalam kondisi ini kalian ikut di dalamnya memberi respon atau feedback. Jangan takut dengan komen negatif atau bullying.
EFFECTIVE
Bahwa penyampaian informasi di dalam video kalian mengandung nilai seni yg enak ditonton. Jangan asal-asalan. Untuk itu dibutuhkan unsur videografi yg kuat. Maka pelajari juga tehnik2 cinematic dan fotografi; khususnya dalam komposisi dan sound.
FRIENDLY
Dalam menyampaikan informasi atau menanggapi feedback dari pemirsa maka kalian haruslah bersahabat. Meskipun ada yg mengundang emosi maka kalian harus memiliki emotional control yang baik. Sekali2 berikan hadiah kepada penonton berupa give away lewat kuis-kuis yg tidak memberatkan penontonmu.




Kalau semua ini bisa kalian miliki segera, jangan menyesal kalau KALIAN AKAN JADI ORANG KAYA KARENA YOUTUBE!

Bagaimana?
Do you understand sodara-sodara?

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAHAMI SEO YOUTUBE SECARA SEDERHANA

Seberapa penting kita mengetahui SEO ? Bagaimana trik yang paling sederhana dan gak ribet memahaminya ? Sesi 1 INI DIA ULASAN NYAB...