Selasa, 20 Agustus 2019

MEMAHAMI SEO YOUTUBE SECARA SEDERHANA

Seberapa penting kita mengetahui SEO ? Bagaimana trik yang paling sederhana dan gak ribet memahaminya ?

Sesi 1
INI DIA ULASAN NYABLAK TENTANG SEO YOUTUBE VERSI BANGED!

OK, sebelum kita mulai maka satu guru satu ilmu tolong saling menghormati ya.. hehehe..

Yes! Sebenarnya apa itu SEO ? Nah, itu dulu!

Kepanjangannya adalah SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.

Ada 2 kata utama yang mengerikan pada singkatan SEO itu. Yg satu adalah ENGINE, yg satu lagi adalah OPTIMIZATION.

Ketika kita mengucapkan kata ENGINE, maka set it in your mind bahwa itu adalah MESIN.
WOW! Ternyata selama ini kita berhubungan dengan MESIN ? Ya, teman2!! Yg ngasih ucapan "Congrats for 100 first your Subscriber" ternyata mesin sodara2. Bukan pegawai youtube corporation yg kita bayangkan bhw dia seorang bule bahenol.




Ternyata kita diatur oleh MESIN. TERNYATA DIA ROBOT!! Oh, shit!!! Nah, mulai paham kan? Kalau belum paham, sono cuci muka lu! Haha..

Yg kedua, ketika kita mengucapkan kata OPTIMIZATION maka set it in your mind bahwa kita diminta mengoptimalkan kerja si mesin tadi. Si robot gedhek itu!!!! Gilak gak??? Disisi lain kita pun harus tetap OPTIMIS kalau masih bego! Eh, maksudnya....., yaaaa gitu deh..

Ok temen2, ulasan ini mungkin bisa jadi sepanjang novel. Maka nonaktifkan mobile data kalian saat membacanya biar gak tekor..hehehe

Bang, SEO itu ada huruf S nya, kok gak dibahas? Oiyaaa.. S itu berasal dari kata SEARCH atau dalam bahasa google mereka sebut #Jelajah, jadi bukan #cari seperti yg kita artikan selama ini. Ternyata CARI dalam bahasa google adalah #find bukan #search. Bgetooo...

Ok, sebelum kita bahas tuntas tentang pengertian SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ini maka saya akan mengajak kalian memperbaiki otak agar kita menyamakan persepsi atau pengertian tentang SEO.

POLA SEDERHANANYA AKAN SAYA ANALOGIKAN DENGAN KEHIDUPAN KITA SEHARI-HARI.

Suatu hari kita mau belanja mingguan atau bulanan ke supermarket besar. Banyak barang yang mau kita beli. Supaya belanja itu lancar maka kita membuat catatan barang yg akan kita beli nanti.
Ini catatan ringkasnya:
susu
deterjen
gula
roti
kopi
mentega
mie instan
sambal botol rasa pedas
bumbu masak saos padang
sikat kamar mandi warna pink
beras 10 kg merk ramos asli cianjur

Look at that guys, inilah yg disebut KEYWORD!

Keyword ini yg akan kalian gunakan untuk menjelajah (search) si supermarket, sodara2!
Mulai dari keyword satu kata seperti #susu #roti yg disebut sebagai keyword utama, sampai akhirnya mengandung unsur penjelasan seperti 'sambal botol rasa pedas'.

Keyword utama "sambal"
Keyword kedua "botol"
Keyword ketiga "rasa pedas"

Dengan keyword ini, maka kalian gak nyasar2 menjelajah supermarket!

Apa beda with your channel on youtube mafren? Yes, udah paham anak mama; youtube is also SUPERMARKET IN THE WORLD, babe...

Ketika ada orang yang membutuhkan informasi di youtube, maka dia akan mengetik di kolom otak si robot yutub (search) sesuai kata yg ingin dia temukan: "Cara Membuat Rujak Cingur"
Yu tu di..diit..dudidit dudidit.. mungkin begitulah kira2 suara si robot bekerja dalam hitungan detik, dan....jreng;

Keluarlah aneka channel yang membahas Cara Membuat Rujak Cingur!
Oh, bang.. kok channel-ku gak ditampilkan sama si robot? Pilih kasih nih!!! Video-ku kan ada yang membahas cara membuat rujak cingur...

No, si robot never wrong! Coba aja cari, pasti channel-mu juga dimunculkan kok. Pas dicari-cari ya betul, ada diurutan hasil pencarian yang ke 2135. "Hah, jauh bangetttt baaanggg..."
Urutan ke 2135 judul videonya: Hmmm,, Ini Dia Makanan Kesukaan Gw Mengingatkanku Pada Mantan"

Ampun deh...

Keyword-nya ancooorrrrr!!!!

Sementara channel urutan atas menampilkan judul:
Cara Membuat Rujak Cingur
Cara Bikin Rujak Cingur ala Surabaya Asli
Cara Makan Rujak
Cara..
Cara..
Cara...

Loh, kok robot masih bisa menampilkannya bang, kan di judul itu gak ada kata 'rujak cingur'. Itulah hebatnya engine, dia juga bisa menampilkan sesuatu yg tidak saja tertulis di judul, tapi yang terucap di dalam video kalian. Walaupun harus ketendang di urutan 2135.

Nah, dari hasil pencarian atau jelajah rujak cingur tadi maka kata "cara" adalah primary keyword. Si robot akan menampil semua video yg judulnya dimulai dengan kata "cara" baru diurutkan dengan kata "rujak cingur" dstnya..

Ok, nanti kita lanjutkan lagi, tapi paling tidak dari tulisan berpanjang-panjang ini kalian pahami dulu APA ITU KEYWORD!!!

Kalau sudah paham, maka PERBAIKI SEMUA JUDUL VIDEO KALIAN SESUAI KAIDAH KEYWORD-NYA. Setelah itu baru kita masuk kedalam sesi trik SEO.

SEMOGA BERMANFAAT!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAHAMI SEO YOUTUBE SECARA SEDERHANA

Seberapa penting kita mengetahui SEO ? Bagaimana trik yang paling sederhana dan gak ribet memahaminya ? Sesi 1 INI DIA ULASAN NYAB...