Jumat, 16 Agustus 2019

MANA YANG PALING PENTING, WATCH TIME ATAU VIEWS ?

Dalam pemikiran saya, ada 2 kepentingan para partner terhadap channel kita.

Sebagai youtuber pemula kita harus mengetahui itu..

Siapa kedua partnership tersebut ? Dialah YouTube sebagai penyedia platform, dan Advertiser sebagai pihak pemasang iklan (pada video kalian).

Kedua pihak tsb secara halus2 kasar gak terlalu kita pikirkan kepentingannya. Bahkan para youtuber menganggapnya biasa2 saja...

Padahal..

Merekalah penghasil dollar untuk kita (dari video-video yg kita produksi), namun memiliki kepentingan yg berbeda terhadap watch time dan views.

Why ?

YouTube sebagai penyedia fasilitas media (platformer) sangat mengharapkan waktu tonton yg banyak. Semakin banyak durasi tonton pada video maka youtube semakin gumbira hore-hore..




Bagi youtube, watch time atau waktu tonton adalah hepeng (duit). Mereka mendapat partnership sharing fee dari provider paket kuota yg kalian gunakan untuk menonton video di akun-akun (channel). Dalam kondisi ini youtube sangat mengharapkan kepada kita agar kita membuat video berdurasi panjang walaupun viewer-nya gak seberapa.

Di sisi lain, advertiser (pemasang iklan) sangat suka dengan channel yg views-nya besar. Views besar hanya bisa diperoleh jika video kalian banyak.

Catat: viewer bukan berarti harus subscriber!

Kadang2 pemasang iklan tidak memperdulikan seberapa besar jumlah subscriber kalian. Karena bisa saja jumlah subscriber kecil tapi views-nya besar.

Intinya, sebagai pemasang iklan, saya butuh jumlah tamu yg besar. Karena target iklan bukan pada berapa lama orang menonton video kalian, tapi berapa banyak orang yg menontonnya (walaupun durasinya sebentar) agar pesan iklan saya masuk ke banyak orang.. atau, paling tidak iklan saya dilihat..

Sebagai pengelola channel dan produsen video, maka kita dihadapkan dengan 2 kepentingan 'raksasa' ini.

Mana yg harus kita perhatikan:Masalah watch time atau views ?

Bandung, 9 Februari 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMAHAMI SEO YOUTUBE SECARA SEDERHANA

Seberapa penting kita mengetahui SEO ? Bagaimana trik yang paling sederhana dan gak ribet memahaminya ? Sesi 1 INI DIA ULASAN NYAB...